Sabtu, 25 Februari 2012

Tips Sederhana Mengatasi Lemari Berjamur

Lemari merupakan salah satu perabot rumah tangga yang biasanya dibuat dari bahan dasar kayu, plastik, triplek atau pun limbah kayu berupa serbuk gergaji yang dipadatkan (particle board). Lemari juga merupakan satu barang yang mempunyai banyak kegunaan. Hal ini terlihat dari banyaknya jenis lemari serta fungsinya. Ada lemari hias, lemari/rak buku, lemari/rak piring, lemari/rak sepatu dan lemari pakaian dengan dua pintu, tiga pintu, bahkan ada yang tidak berpintu.Ukurannya pun beragam, ada yang tinggi besar, sedang maupun kecil, menyesuaikan kebutuhan masing-masing.
Dengan fungsi serta bahan baku yang beragam, lemari memerlukan perawatan atau pembersihan yang teratur dan cara yang berbeda sesuai jenis bahannya. Salah satu lemari yang memerlukan perawatan ekstra adalah lemari berbahan dasar serbuk gergaji yang dipadatkan (particle board), seperti bahan dasar lemari baju/meja belajar merk "Olympic" 
Pada keadaan suhu tertentu terutama suhu dingin/lembab, lemari dengan bahan  particle board lebih rentan berjamur, sehingga kita harus benar-benar memberikan perawatan ekstra. Selain mudah berjamur, lemari dengan bahan ini juga sangat disukai sebagai tempat semut-semut bertelur. Biasanya semut merah yang kecil -kecil dan semut hitam yang agak besar.
Berikut ini merupakan beberapa tips sederhana untuk mencegah & mengatasi lemari berjamur:
  1. Jangan menempatkan lemari terlalu menempel ke dinding. Karena pada musim hujan, dinding memiliki tingkat kelembapan yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Letakkan lemari kurang lebih 5-10 cm dari dinding rumah anda.
  2. Bersihkanlah lemari dengan mengeluarkan barang-barang yang ada didalamnya. Kemudian jemur lemari atau dekatkan dengan cahaya matahari. Lakukan minimal 1 bulan sekali.
  3. Jika lemari sudah terlanjur berjamur, bersihkanlah lemari dengan lap kering sampai gumpalan jamur benar-benar bersih, lalu lap kembali dengan lap basah. Setelah itu, jemur lemari sampai benar-benar kering, kemudian gosok/lap dengan minyak kayu putih/alkohol (dapat membersihkan & membunuh jamur, serta cepat menguap/kering)
  4. Langkah terakhir, sebelum lemari digunakan kembali. Simpan beberapa kapur barus dalam lemari. Cara lain adalah, kapur barus dihaluskan kemudian dibungkus kain dan digosok-gosokkan keseluruh permukaan lemari.
  5. Untuk mencegah kembalinya jamur, bagian belakang lemari dapat dilapisi dengan Lakban serapat mungkin. Lakban juga dapat mencegah kelembapan lemari saat bersentuhan dengan dinding.
  6. Solusi lain untuk mencegah kembalinya jamur dengan melapisi lemari anda menggunakan cat kayu bening (tidak berwarna) dari bahan melamin. Melamin bisa dibeli di toko bangunan kemudian dicampur tiner setelah itu bisa menggunakan kuas untuk mengecat lemari berjamur tersebut.
Semoga beberapa tips diatas dapat membantu anda mengatasi masalah jamur pada lemari baju dirumah. 

2 komentar:

  1. Kita punya produk untuk mengatasi lemari berjamur nih....
    Cukup letakkan XDry ke dalam lemari baju, maka dijamin tas / lemari bebas dari jamur dan bau apek.

    Kami juga mencari agen2 di seluruh kota di Indonesia..
    Info: www.xdryindonesia.com

    BalasHapus