Sabtu, 25 Februari 2012

Tips Sederhana Mengatasi Lemari Berjamur

Lemari merupakan salah satu perabot rumah tangga yang biasanya dibuat dari bahan dasar kayu, plastik, triplek atau pun limbah kayu berupa serbuk gergaji yang dipadatkan (particle board). Lemari juga merupakan satu barang yang mempunyai banyak kegunaan. Hal ini terlihat dari banyaknya jenis lemari serta fungsinya. Ada lemari hias, lemari/rak buku, lemari/rak piring, lemari/rak sepatu dan lemari pakaian dengan dua pintu, tiga pintu, bahkan ada yang tidak berpintu.Ukurannya pun beragam, ada yang tinggi besar, sedang maupun kecil, menyesuaikan kebutuhan masing-masing.
Dengan fungsi serta bahan baku yang beragam, lemari memerlukan perawatan atau pembersihan yang teratur dan cara yang berbeda sesuai jenis bahannya. Salah satu lemari yang memerlukan perawatan ekstra adalah lemari berbahan dasar serbuk gergaji yang dipadatkan (particle board), seperti bahan dasar lemari baju/meja belajar merk "Olympic" 
Pada keadaan suhu tertentu terutama suhu dingin/lembab, lemari dengan bahan  particle board lebih rentan berjamur, sehingga kita harus benar-benar memberikan perawatan ekstra. Selain mudah berjamur, lemari dengan bahan ini juga sangat disukai sebagai tempat semut-semut bertelur. Biasanya semut merah yang kecil -kecil dan semut hitam yang agak besar.
Berikut ini merupakan beberapa tips sederhana untuk mencegah & mengatasi lemari berjamur:
  1. Jangan menempatkan lemari terlalu menempel ke dinding. Karena pada musim hujan, dinding memiliki tingkat kelembapan yang cukup tinggi, sehingga dapat menyebabkan tumbuhnya jamur. Letakkan lemari kurang lebih 5-10 cm dari dinding rumah anda.
  2. Bersihkanlah lemari dengan mengeluarkan barang-barang yang ada didalamnya. Kemudian jemur lemari atau dekatkan dengan cahaya matahari. Lakukan minimal 1 bulan sekali.
  3. Jika lemari sudah terlanjur berjamur, bersihkanlah lemari dengan lap kering sampai gumpalan jamur benar-benar bersih, lalu lap kembali dengan lap basah. Setelah itu, jemur lemari sampai benar-benar kering, kemudian gosok/lap dengan minyak kayu putih/alkohol (dapat membersihkan & membunuh jamur, serta cepat menguap/kering)
  4. Langkah terakhir, sebelum lemari digunakan kembali. Simpan beberapa kapur barus dalam lemari. Cara lain adalah, kapur barus dihaluskan kemudian dibungkus kain dan digosok-gosokkan keseluruh permukaan lemari.
  5. Untuk mencegah kembalinya jamur, bagian belakang lemari dapat dilapisi dengan Lakban serapat mungkin. Lakban juga dapat mencegah kelembapan lemari saat bersentuhan dengan dinding.
  6. Solusi lain untuk mencegah kembalinya jamur dengan melapisi lemari anda menggunakan cat kayu bening (tidak berwarna) dari bahan melamin. Melamin bisa dibeli di toko bangunan kemudian dicampur tiner setelah itu bisa menggunakan kuas untuk mengecat lemari berjamur tersebut.
Semoga beberapa tips diatas dapat membantu anda mengatasi masalah jamur pada lemari baju dirumah. 

14 komentar:

  1. Saya mempunya obat Anti Jamur MICROCIDE 100/100 EC yang efektif membunuh & mencegah jamur datang kembali.

    Penggunaan MICROCIDE 100/100 EC sangat mudah yaitu bisa dicampur Thinner, Methanol, Lem, Air, Cat, Sealler & pelarut lain .

    Contact Person : Bp. MUSLIM / PT. Panca Tunggal
    Telp : 031-7347295, 7347595
    HP : 081331250404
    Email : muslim_ibnaty@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Saya bekerja pada penjualan furniture dan sering menerima complain soal jamur, kalau bisa kirim dulu contohnya, kalau manjur siap jadi agen. Terimakasih.

    BalasHapus
  3. Saya bekerja pada penjualan furniture dan sering menerima complain soal jamur, kalau bisa kirim dulu contohnya, kalau manjur siap jadi agen. Terimakasih.

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat thx ya :)
    Jangan lupa kunjungi web sya www.assikahbatik.com

    BalasHapus
  5. Sangat bermanfaat thx ya :)
    Jangan lupa kunjungi web sya www.assikahbatik.com

    BalasHapus
  6. Terimakasih tips nya sangat membantu

    BalasHapus
  7. tipsnya sangat membantu sekali khususnya untuk saya yang sering dibuat pusing gara2 jamur dan noda yang banyak menempel gara2.. barang kelamaan dipajang http://anantamakmurfurniture.com

    BalasHapus
  8. Berapa harganya saya siap memasarkan

    BalasHapus